twitter
rss

Bagi kita yang suka bergabung ke dalam situs jejaring sosial dan forum, menghapalkan sekian banyak password merupakan hal yang membuat kita malas. Sungguh merupakan hal yang membosankan jika kita terus menerus melakukan kesalahan pengetikkan password jika kita lupa passwordnya.
Salah satu solusinya adalah dengan mencatat password kita ke dalam suatu file, namun bagaimana jika data password kita dibaca orang lain ?
Sebenarnya file yang akan kita buat kali ini bukanlah file rahasia, karna kriteria suatu hal dapat dikatakan rahasia adalah jika kita tidak mengetahui isi file maupun proses pembuatan filenya. Kerahasiaan merupakan salah satu hal yang sering kali kita perlukan di kehidupan ini. Contohnya jika kita buang angin, dan aromanya tersebar ke sekitar kita dan kita tidak ingin orang lain mengetahui bahwa kita telah buang angin maka kita akan diam saja atau berpura-pura tidak melakukan apa-apa, hhehehe.
Oke deh, langsung saja, kali ini kita akan mencoba menyembunyikan text di dalam suatu file .txt sehingga jika orang lain yang tidak tahu cara membacanya hanya akan melihat isi data yang palsu yang yang lain.
Caranya :
  • Buka command prompt, pindah directory dimana kita ingin meletakkan file text. misalnya pada folder text di drive F:
  • pada command prompt ketikkan perintah : notepad fake.txt:hidden



  • Akan muncul pop-up yang menyatakan bahwa file fake.txt:hidden tidak ditemukan dan menanyakan apakah kita ingin membuatnya. Maka klik tombol Yes.
  • Pada notepad ketik data yang ingin dirahasiakan, lalu simpan. contohnya :



Untuk memeriksa apakah data yang tercatat benar-benar dirahasiakan buka file fake.txt, 

maka kita akan menemukan file fake.txt tidak berisi data apa pun, kita dapat mengisinya dengan mengetikkan catatan lain yang kita inginkan. misalnya :


Setelah selesai mencatat data palsu, simpan file, maka orang lain yang tidak tahu cara membukanya hanya akan melihat data di atas, bukan data rahasia kita.

Untuk dapat melihat data password  rahasia yang tadi kita catat, buka command prompt dan ketik lagi : notepad fake.txt:hidden

Maka notepad akan kembali menampilkan data yang tersembunyikan.

Selamat mencoba. :)

0 comments:

Post a Comment