twitter
rss

Banyaknya produk palsu yang kini beredar luas di masyarakat membuat kita harus lebih hati-hati dalam membeli barang. Jika kita salah dalam memilih barang yang akan kita beli, bisa-bisa uang yang kita keluarkan untuk membeli barang tersebut sia-sia. Produk yang sering dipalsukan biasanya adalah produk-produk elektronik yang relatif kecil, salah satu diantaranya adalah Flashdisk USB. Dari pengalaman yang pernah saya dapat dan referensi dari berbagai web, saya ingin memberikan tips untuk membedakan mana Flashdisk USB yang asli dan mana yang palsu.

Berikut adalah foto kemasan beserta Flashdisk didalamnya.
Foto di bawah adalah foto Flashdisk ketika sudah keluar dari kemasan.
Yang kiri atau yang kanan ? anda bingung ?
Dilihat dari kemasan sepintas keduanya hampir tidak memiliki perbedaan. Baiklah, sekarang kita lihat yang didalamnya.


1. Kepala USB
Pada USB yang palsu (kiri) tidak terdapat tulisan pada kepala USBnya dan juga lebih pendek dari yang asli.


2. Tuas Geser Kepala USB
Pada USB palsu (bawah) warna plastiknya sedikit kebiruan dan sedikit tersendat-sendat ketika di geser keluar masuk. Jika kepala USB pada yang palsu ditekan agak keras, maka kepala USB dapat masuk ke posisi semula (pada yang palsu). Namun jika yang asli, kepala USB sangat kokoh sehingga tidak akan masuk hanya dengan menekan kepala USB.


3. Bahan Plastik Flashdisk
Bahan plastik USB palsu (atas) agak kebiruan dan bahannya tidak sekeras yang asli/original. Juga tidak adanya plastik tipis sebagai pelindung lecet pada tulisan Data Traveler.


4. Posisi ketika dicolok
Gambar atas (palsu) menunjukan Flashdisk agak miring ke bawah namun gambar bawah (asli) Flashdisk lurus pada saat dicolok.


5. Nama Drive dan Nama Device

Pada Flashdisk asli nama drivenya ” Kingston ” namun pada yang palsu ” Removable Drive “. Kita harus mengacungkan jempol untuk yang palsu, sebab nama device Flashdisknya adalah “Kingston2.0″ sedang untuk yang asli untuk nama device Flashdisknya “KingstonData Traveller2.0″.
(screenshot nama Flashdisk dapat dilihat di point 6)


6. Benchmark

Dapat dilihat gambar atas (palsu) transfer rate yang lambat pada saat permulaan dan tiba-tiba melonjak tinggi disaat pertengahan dan access time yang tinggi.

Semoga ini dapat bermanfaat untuk anda. :)

1 comments:

  1. Mengenai harga?

Post a Comment