twitter
rss

Banyak hal yang kita lakukan dalam memakai internet, namun seringkali kita menyalahgunakan dalam pemakaiannya. Internet sewajarnya di pakai secara sehat karena jikia kita menggunakan internet secara sehat, maka kita dapat mengolahnya atau memanfaatkannya untuk menghasilkan prestasi.
Teknologi internet kini hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list, blog, social networking, mikrobloging, dll). Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metode konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.
Kebanyakan remaja saat kini memakai internet hanya untuk kesenangan pribadi, misalnya menggunakan social networking facebook, mikrobloging twitter, foursquare, koprol, dll. Semua ini hanya untuk aktualisasi diri dimana mereka ingin dilihat, diperhatikan orang lain, dan tidak ketinggalan jaman. Hal semacam itu merupakan hal sia-sia, alangkah baiknya jika internet dipakai untuk sarana pendidikan salah satunya lewat blog.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah informasi baru, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Tapi yang lebih penting peran dari sebuah Blog adalah menjadikan era baru pendidikan yaitu blog dapat di maanfaatkan sebagai media belajar antara murid dan guru sebagai penunjang di luar sekolah. Hal ini perlu di cermati oleh kita-kita sebagai penerus bangsa.
Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi internet :
Arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat.
Kemudahan mendapatkan resource yang lengkap.
Aktifitas pembelajaran pelajar meningkat.
Daya tampung meningkat.
Meningkatkan learning outcomes baik kuantitas/kualitas.
Kehadiran internet saat ini tidak bisa dipisahkan melalui pendidikan. Maka berinternet lah secara sehat maka akan mejadikan kita hebat
Semoga bermanfaat untuk kalian semua. :)

0 comments:

Post a Comment